Tuesday, July 12, 2016

Perulangan di java

Perulangan di java
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman

logo java


Selamat datang kawan di blog saya . Kali ini saya akan membahas mengenai perulangan di java . Perulangan merupakan dasar dalam sebuah pemprograman . Perulangan di ibaratkan sebuah sikuit mobil terus mengulang ngulang sampai misal 10 lap . Perulangan ini bermanfaat seperti kamu ingin menulis " saya tidak mengerjakan PR  " sebanyak 100 kali .kan banyak jadi dengan perulangan bermanfaat , tetapi manfaatnya tidak hanya itu saja .

Baca artikel sebelumnya Percabangan di java
Sebelum pembelajaran kali ini kawan kawan harus tau dulu percabangan di java , agar lebih memudahkan dalam pembelajaran kali ini . Oke di dalam perulangan ada 3 cara , yang pertama for loop , while , do while . Yang pertama saya akan bahas adalah perulangan while .

While

Struktur perulangan whille 

while(kondisi){
perintah
}

Kita coba prakterkan

public class perulangan{
public static void main(String args[]){
int a=1;
while(a<=10){
System.out.println(a+". Saya tidak mengerjakan pr");
a++;
}
}
}

kondisi
while(a<=10)

perintah
System.out.println(a+". Saya tidak mengerjakan pr");
a++;

Maka akan otomatis menulis di layar "1. Saya tidak mengerjakan pr" sebanyak 10x . Mudah bukan tidak perlu menulis manual System.out.println("1. Saya tidak mengerjakan pr"); sebanyak 10x , tinggal kita gunakan saja perulangan 

public class perulangan{
public static void main(String args[]){
System.out.println("1. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("2. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("3. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("4. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("5. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("6. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("7. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("8. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("9. Saya tidak mengerjakan pr");
System.out.println("10. Saya tidak mengerjakan pr");
}
}

Do while

Sekarang kita akan coba menggunakan do while . Do while ini melakukan perintah dulu lalu kondisi . Maksudnya apa ? kita akan coba dengan experiment .

Struktur

do{
perintah
}while(kondisi)

public class perulangan{
public static void main(String args[]){
int a=1;
do{
System.out.println(a+". Saya tidak menyerjakan pr");
a++;
}while(a>10);
}
}

Maka akan menulis "1. Saya tidak menyerjakan pr" sebanyak 1x kenapa ? karena a lebih kecil dari dari 10 .

tanpa do

public class perulangan{
public static void main(String args[]){
int a=1;
while(a>10){
System.out.println(a+". Saya tidak menyerjakan pr");
a++;
}
}
}

tidak akan menulis apapun karena a lebih kecil dari 10 .

Jadi itu maksudnya melaksanakan perintah dulu lalu kondisi

For loop

Sekarang kawan kawan sudah tau while , do while , dan yang terakhir adalah for loop .

penulisan

for(inisialisasi;kondisi;perubahan){
statetment
}

public class perulangan{
public static void main(String args[]){
for(int a=1;a<=10;a++){
System.out.println("Saya tidak mengerjakan pr");
}
}
}

Maka akan menulis saya tidak mengerjakan pr sebanyak 10x .

Kawan kawan bisa juga di dalam perulangan ada perulangan .

contoh

perulangan di dalam perulangan


public class perulangan{
public static void main(String args[]){
int a=1,b,c;
for(;a<=3;a++){
b=1;
c=1;
while(b<3){
do{
System.out.println(a+"."+b
+"."+c+"Saya tidak mengerjakan pr");
c++;
}while(c<3);
b++;
}
}
}
}


Oke mungkin itu dia perulangan di java . Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan . Terimasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment