Saturday, September 3, 2016

Variable visual basic 6.0

Variable visual basic 6.0
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman

Selamat datang kawan di blog saya , di kesempatan kali ini saya akan memcoba share ilmu mengenai visual basic . Sekarang saya akan membahas mengenai Variable pada visual basic . Kawan kawan mungkin sudah pada tau apa itu variable ?



Hanya mengingatkan
Ini Versi wikipedia

Dalam pemrograman komputervariabel adalah lokasi penyimpanan dan terkait nama simbolis yang berisi beberapa kuantitas yang diketahui atau tidak diketahui atau informasi,nilai. Nama variabel adalah cara biasa untuk referensi nilai yang disimpan, pemisahan nama dan konten ini memungkinkan nama yang akan digunakan secara terpisah dari informasi tepat yang diwakilinya.[diragukan ] Nama variabel di kode sumber komputer adalah pengenal yang dapat terikat ke nilai selama waktu berjalan, dan nilai yang dapat berubah selama program eksekusi.


Variable pada Visual Basic 6.0

Variable pada visual basic di visual basic merupakan penulisan varibale yang paling mudah dari pada yang lainnya , Apa alasannya  ?
Baca juga vb sebelumnya event di vb6
  • Tidak perlu menentukan tipe data dulu . Kalo di bahasa pemprograman lain seperti c , java , dan kawan kawan perlu untuk menentukan tipe data dulu , tetapi kalo di vb tidak perlu menentukan tipe data , tipe datanya otomatis ketika kita memberi nilai misal bilangan berarti integer .
  • Tinggal tulis nama variable saja . Kalo di bahasa pemprograman lain menulis variable perlu penentukan tipe data atau menulisakan kata atau simbol tertentu , seperti di php diawali $ , di javascript di awali var spasi namanya . Kalo di vb ini tinggal tulis nama saja 
Variable di vb memang beda .

Di dalam vb terdapat dua jenis variable , yaitu vaiable lokal dan variable global , dari namanya saja sudah bisa di tebak . Kalo variable lokal berarti hanya di dalam suatu fungsi atau subroutine ,  penilisannya langsung saja .Kalo variable global variable yang bisa di akses oleh berbagai fungsi , Untuk itu perlu mendeklarasikan dulu di paling atas kode , contoh dim nama as string . 

Contoh program variable


Sebagai contoh kita akan coba untuk membuat penambahan 2 bilang dengan variable . Berarti kita memerlukan tiga buah variable yang dua inputan user dan yang satu lagi adalah buat menampung atau menyimpan penjumlahan inputan user . Jadi di ibaratkan kita memiliki tiga buah ember yang dua sudah diisi dan yang satu lagi akan diisi dengan pengabungan dua ember tersebut . 

Desain seperti di bawah , gak sama desainnya gak apa apa , yang terpenting kita siapkan 2 textbox , 3 label , dan 1 command button . Nama jangan di ubah 


Kita ketik kode berikut


Val itu untuk mengambil nilai angka , jadi kalo kita kasih text1 dan text2 string maka hasilnya akan nol .
Ini contoh yang paling sederhananya .

Sebenarnya kita bisa  sih hanya satu variable saja , tetapi sebagai dasarnnya tiga dulu . Kalo kawan kawan ingin satu variable coba buat sendiri atau kalo gak mau yang ribet ketik seperti gambar di bawah


Hasilnya sama saja . Sekarang kawan kawan coba buat pengurangan , perkalian , pembagian , dan lain lain , Sebagai penglebih pahaman saja .

Oke mungkin itu dia bahas bahas mengenai variable di vb6 . Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan . Terimakasih telah berkenan  .Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih bermanfaat dan juga lebih menarik lagi .

Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment